spot_img
6.2 C
London
spot_img
BerandaUncategorizedPemkot Metro melalui Dinkes Kota Metro melaksanakan puncak acara Pekan Imunisasi Dunia

Pemkot Metro melalui Dinkes Kota Metro melaksanakan puncak acara Pekan Imunisasi Dunia

METRO-Detik33,- Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro melaksanakan puncak acara Pekan Imunisasi Dunia (PID) tahun 2023 di halaman Wisma Haji, Kamis (11/05/2023).

Dinkes Kota Metro memastikan siap mengejar target imunisasi anak, dan kegiatan PID ini dilakukan sebagai peringatan tentang pentingnya imunisasi, Tahun ini Dinkes Kota Metro menggelar Puncak Acara PID  Kota Metro Tahun 2023, dengan tema Ayo Lindungi Diri, Keluarga Dan Masyarakat Dengan Imunisasi Lengkap.

Wakil Walikota Qomaru Zaman, mengimbau masyarakat untuk melengkapi imunisasi rutin bagi anak-anak. Hal ini bertujuan agar mereka terlindungi dari Kejadian Luar Biasa (KLB) ataupun wabah Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I), seperti Polio, Campak, dan Difteri yang penularannya sangat cepat.

“Untuk itu, dengan momentum pekan imunisasi dunia ini, kami berharap semangat tenaga kesehatan, masyarakat dan jajaran pemerintah daerah maupun mitra pembangunan dapat semakin ditingkatkan untuk menjalankan program imunisasi demi tercapainya tujuan keluarga yang sehat dan berkualitas,” ujar Qomaru.

Lanjut Qomaru, bahwa kegiatan PID 2023 menjadi momen penting untuk masyarakat Indonesia agar dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya imunisasi dasar lengkap. Di Indonesia, PID dirayakan pada tanggal 4-10 Mei 2023, yang bertujuan menyoroti tindakan bersama yang diperlukan untuk melindungi orang dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Qomaru mengajak agar semua pihak diharapkan dapat terlibat mempromosikan pentingnya imunisasi untuk menyehatkan bangsa dalam upaya mencegah Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Dr. Eko Hendro Saputra, ST.,M.Kes., mengatakan dalam sambutannya bahwa pelaksanaan peringatan Pekan Imunisasi Dunia merupakan momentum yang tepat dan strategis dalam meningkatkan kembali kesadaran untuk melakukan tindakan kolaborasi dari seluruh unsur sektor pemerintah, swasta dan masyarakat. Hal tersebut untuk mendukung peningkatan cakupan imunisasi sebagai perlindungan semua kelompok umur guna mencapai eradikasi dan eliminasi  PD3I.

“Fokus pekan imunisasi dunia tahun ini adalah mengajak masyarakat dan tenaga kesehatan untuk melanjutkan pemberian imunisasi rutin kepada anak, bayi dan balita dengan lengkap dan tepat waktu serta dalam rangka menyongsong suksesnya pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (Bian) pada tahun 2023,” katanya.

Maka besar harapan kami untuk bisa bahu membahu membuat kapasitas sektor kesehatan meningkat pesat dan semakin mampu menghadapi ketidakpastian yang tinggi dalam pandemic untuk tetap bisa memiliki investasi sumber daya manusia yang unggul dan menjadi modal besar untuk menuju masyarakat yang lebih sehat, berkualitas untuk menuju Kota Metro Gemerlang ( Generasi Emas Metro Cemerlang).

Turut hadir Wakil Walikota Qomaru Zaman, Sekretaris Daerah Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo, dan Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Metro M. Supriadi dan undangan lainnya.(Adv)

spot_img

latest articles

explore more

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini