spot_img
11.7 C
London
spot_img
BerandaKota MetroKota Terbaik, Wali Kota Metro Terima Penghargaan Dari Presiden RI

Kota Terbaik, Wali Kota Metro Terima Penghargaan Dari Presiden RI

Kota Metro, (detik33) – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro kembali mendapat Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) PPN/Bappenas. Kota Metro, merupakan kota terbaik ketiga kategori inovasi daerah dari program JAMA-PAI.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin bersama penerima penghargaan lain di JCC Jakarta, Senin (06/05).

Pemberian penghargaan ini bersamaan dalam acara Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 oleh Kementerian PPN/Bappenas dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah 2025 dengan tema “Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan.

PPD ini merupakan bentuk apresiasi dan evaluasi komprehensif, terhadap pembangunan daerah yang lebih kuat. Penilaian dilakukan secara hibrid yaitu luring dan daring, terdiri dari dua tahap, tahap pertama adalah Penilaian Dokumen Perencanaan dan Dokumen Inovasi Daerah, tahap kedua adalah wawancara dan verifikasi melalui Focus Group Discussion (FGD) dan kunjungan lapangan.

Sebelumnya, di Kota Metro sudah dilakukan FGD dan verifikasi lapangan pada bulan Februari 2024. Kota Metro sendiri, tahun 2023 merupakan perwakilan Provinsi Lampung yang mendapatkan PPD 10 besar tingkat nasional, sedangkan tahun 2024 ini tiga besar dengan urutan ketiga, setelah kedua Kota Palu dan pertama Kota Malang.

Presiden Jokowi mengatakan, sinkronisasi penyusunan RKPD 2025 harus berdasarkan prinsip-prinsip yang terintegrasi. Ia juga menekankan agar anggaran tidak dihabiskan untuk rapat-rapat maupun studi banding.

“Prinsip pertama, program harus inline harus seirama, jangan sampai pusat ke kanan daerah ke kiri, yang kedua program harus berorientasi hasil harus ada record ekonominya berdasarkan skala prioritas, yang ketiga program harus tepat sasaran dan strategis, APBD atau APBN betul-betul manfaatnya kelihatan, tepat sasaran,” kata Joko Widodo.

Ia berharap, dengan adanya Musrenbangnas 2024 ini mampu menjadi sekrup penyambung agenda pembangunan, pusat, provinsi, kabupaten dan kota agar semuanya inline dan semuanya seirama dan tepat sasaran.

Sementara itu, Wali Kota Metro Wahdi mengatakan, capaian ini berkat kolaborasi semua pihak baik itu pemerintah, DPRD dan juga masyarakat.

“Alhamdulillah, terimakasih sebesar-besarnya kepada stakeholder yang sudah bekerja keras mencapai peringkat tiga PPD ini neningkat dari tahun sebelumnya hanya 10 besar. Terimakasih juga kepada DPRD Metro yang telah mendukung sehingga tercapainya prestasi ini dan tentunya seluruh lapisan masyarakat,” ucapnya.

Dia menambahkan, modalitas Kota Metro untuk berprestasi sangatlah kuat karena Metro genetiknya sudah bagus, sehingga upaya dalam mewujudkan JAMA-PAI ini adalah upaya kongkrit untuk diwujudkan. (Adv).

spot_img

latest articles

explore more

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini