spot_img
22 C
London
spot_img
BerandaUncategorizedMendag dan Walikota metro tinjau harga kebutuhan pokok

Mendag dan Walikota metro tinjau harga kebutuhan pokok

METRO-Detik33,- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan harga barang kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Kota Metro masih stabil dan cenderung turun.

Hal ini dikatakan Mendag saat meninjau harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Cenderawasih, Kota Metro, Kamis. (13/04/2023).

“Dibanding tahun lalu, harga barang kebutuhan pokok pada Lebaran ini memang masih lebih murah. Seperti di Metro ini malah deflasi bukan mengalami inflasi. Ini sangat bagus,” kata dia usai tinjauan.

Ia menjelaskan, harga beberapa komoditas di Kota Metro turun harga dibanding seminggu sebelumnya. Dimana, untuk telur ayam ras Rp28.000/kg, bawang putih kating Rp32.000/kg, cabai merah besar Rp25.000/kg, dan cabai rawit merah Rp25.000/kg.

“Di Jawa Tengah harga kebutuhan bahan pokok lebih murah dibanding di Kota Metro. Tetapi ini wajar, karena Jawa Tengah penghasil bawang sedangkan kalau di Metro kan ada biaya pengirimanya,” jelasnya.

Zulkifli mengapresias Pemkot Metro yang telah berhasil menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pokok pada ramadan dan menjelang Lebaran ini.

Ia juga berharap, sinergi pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan bapok dapat terus dipertahankan.

“Terima kasih Wali Kota Metro yang berhasil membuat harga bapok semakin turun menjelang
lebaran. Begitu juga kepada daerah lain, stok bapok banyak. Baru pertama kali menjelang
lebaran, harga bapok mengalami deflasi,” ucapnya.

Zulkifli juga memastikan untuk stok beras pemerintah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Lebaran ini. Bahkan, pemerintah pusat saat ini sedang membagikan beras kepada 20 juta lebih masyarakat kurang mampu diseluruh Indonesia.

“Cadangan beras pemerintah cukup bahkan lebih. Malah sekarang ini pemerintah sedang membagikan beras untuk. Jadi setiap masyarakat kurang mampu dapat 10 kg beras,” paparnya.

Ia juga mengimbau masyarakat dapat menghadapi lebaran dengan tenang karena harga bapok terjangkau dan pasokannya banyak.

“Masyarakat diharap belanja bapok secukupnya, tidak perlu khawatir karena pasokannya
banyak,” imbaunya.

Sementara itu, untuk harga komoditas lainnya di Kota Metro yang masih stabil antara lain beras medium Rp11.500/kg, beras Bulog Rp9.450/kg, beras premium Rp13.000/kg, gula pasir Rp13.500/kg, tepung terigu Rp13.000/kg, minyak goreng premium Rp21.000/liter, Minyakita Rp14.000/liter, minyak goreng curah Rp13.950/liter, daging sapi Rp130.000/kg, daging ayam ras Rp32.000/kg, bawang merah Rp30.000/kg dan cabai merah keriting Rp30.000/kg.(Adv)

spot_img

latest articles

explore more

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini