spot_img
6.2 C
London
spot_img
BerandaKota MetroKetua PWI Pimpin Keberangkatan Kontingen Metro ke HPN

Ketua PWI Pimpin Keberangkatan Kontingen Metro ke HPN

METRO – Sebanyak 30 orang jurnalis Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Metro diberangkatkan ke Jakarta untuk menjadi peserta dalam kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024.

Puluhan jurnalis PWI Metro yang berasal dari berbagai media massa itu dijadwalkan mengikuti 14 agenda kegiatan HPN dengan tema besar mengawal transisi kepemimpinan nasional dan merawat keutuhan bangsa tersebut.

Ketua PWI Kota Metro, Rino Panduwinata menyampaikan, HPN merupakan peringatan yang setiap tahun digelar. Pelaksanaan HPN bertepatan dengan hari jadi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

“Kegiatan HPN ini merupakan agenda rutin yang selalu diperingati oleh anggota PWI di seluruh Indonesia. Sehingga bagi kami peringatan ini merupakan kegiatan penting yang harus diikuti sebagai evaluasi kinerja bagi kami di daerah,” kata Rino saat melepas keberangkatan puluhan jurnalis PWI Metro di sekertariat PWI Kota setempat, Sabtu (17/2/2024).

Rino menerangkan, terdapat 14 agenda kegiatan yang bakal diikuti puluhan kader PWI Metro dalam kegiatan HPN 2024 di Jakarta.

“Agenda pertama hari ini adalah kegiatan seminar bertema Masa Depan Jakarta pasca IKN, tantangan lingkungan dan kompetisi global city. Agenda ini rencananya juga akan dihadiri oleh Pj. Gubernur Jakarta, Menteri ART/BPN, Ketum Bamus Betawi dan Ketua DPP REI,” ucapnya.

“Seluruh pengurus PWI Pusat, PWI daerah, akademisi, warga Jakarta serta seluruh Jurnalis yang merupakan kontingen PWI Lampung juga dijadwalkan ikut dalam kegiatan itu,” imbuhnya.

Kemudian kegiatan di hari yang sama dilanjutkan dengan Silaturahmi Wartawati Indonesia (SIWI) dengan pembicara Menteri PPPA, Prita Kemal Ghani, Ninuk M. Pambudy, dan Bupati Serang Provinsi Banten.

“Malam hari kami lanjutkan dengan agenda Rakernas SIWO dan Seminar dengan tema Menjaga Tradisi

Emas Olimpiade dengan pembicara Menpora. Lalu ada pula kegiatan pertemuan DK-DKP se-Indonesia dengan pembicara Sasongko Tedjo,” papar Rino.

Rino juga menyampaikan, kegiatan ke enam berlangsung pada Minggu pagi dengan agenda pembagian 100 Ribu bibit pohon dari PWI untuk masyarakat.

“Dalam kegiatan ini menteri BUMN bersama PJ Gubernur DKI Jakarta akan turut serta. Untuk lokasinya berada di lokasi Car Free Day dengan diikuti seluruh peserta HPN dan masyarakat,” ujarnya.

“Lalu di hari yang sama ada agenda seminar dengan tema Selamatkan Bumi Melalui Penerapan Prinsip Environmental Social Governance atau ESG. Serta ada pulu kegiatan seminar IKWI dengan tema penghapusan KDRT,” sambungnya.

Berikutnya terdapat kegiatan pelatihan jurnalistik photo dengan pemateri redaktur senior Antara Foto. Kegiatan tersebut berlokasi di Candi Bentar, Ruang Atas 2 yang dijadwalkan juga diikuti mahasiswa.

“Untuk agenda di hari Minggu besok ditutup dengan kegiatan konferensi kerja nasional atau Konkernas PWI dengan pembicara Ketua Umum PWI. Rencananya akan diikuti 340 peserta yang merupakan pengurus PWI pusat dan daerah,” jelasnya.

Lalu puncak kegiatan HPN akan berlangsung pada Senin (20/2/2024) dengan sejumlah agenda besar kegiatan yang juga akan diikuti Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo.

‘Hari Senin itu merupakan puncak kegiatan HPN, ada banyak sekali kegiatannya, mulai dari Konvensi Nasional Media Massa, Rakernas SMSI, seminar BUMN dan launching buku Erick Thohir serta acara puncaknya dihadiri Presiden Joko Widodo,” bebernya.

“Untuk pelaksanaan kegiatan ini berada di Ecovention -Eco Park Ancol dengan peserta 1.500 orang yang berasal dari unsur Dewan Pers, PWI Pusat, SPS, ATVSI, ATVLI, PRRSNI, SMSI, PFI, AMSI, JMSI, PWI Daerah, KPI,

RRI, TVRI, LSF, dan seluruh kontingen PWI Provinsi Lampung dan PWI Kabupaten/Kota se Lampung yang mempunyai akses masuk,” tambahnya.

Rino berharap kegiatan HPN dapat berjalan lancar dan sukses serta seluruh Jurnalis PWI Metro yang mengikuti kegiatan dapat kembali kepada keluarga dalam keadaan yang baik. (Martin)

spot_img

latest articles

explore more

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini