spot_img
11.7 C
London
spot_img
BerandaKota MetroKota Metro Raih Penghargaan EPPD 2024 Dari Kemendagri

Kota Metro Raih Penghargaan EPPD 2024 Dari Kemendagri

Kota Metro, (detik33) — Patut dibanggakan, Kota Metro memperoleh penghargaan pada peringkat Ke-9 secara nasional, dalam penilaian Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) Tahun 2024, oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri).

Penghargaan ini berdasarkan SK Mendagri Nomor 100.2.1.7 – 6646 Tahun 2023 tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah secara Nasional tahun 2023 berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2023.

Pemberian penghargaan ini dilaksanaan bersamaan dengan acara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII yang dilaksanakan di Kota Surabaya, Kamis, 25 April 2024.

Penghargaan ini diberikan kepada 5 provinsi, 10 kota dan 14 kabupaten se-Indonesia yang berprestasi tertinggi secara Nasional. 5 Provinsi itu adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta.

Sedangkan untuk Kota peraih nilai 10 besar tertinggi dengan urutan sebagai berikut, Tertinggi pertama adalah Kota Surabaya skor 3.58, kemudian Kota Surakarta skor 3.57, disusul ketiga Kota Makasar skor 3.56, Kota Tangerang skor 3.53, Kota Tangerang skor 3.52, Kota Medan 3.50, Kota Palembang 3.45, ke delapan Kota Samarinda skor 3.45, ke sembilan Kota Metro skor 3.44, dan terakhir ke sepuluh Kota Denpasar 3.44.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menjelaskan kepada Kepala Daerah yang mendapatkan penghargaan ini wajib berbangga diri, pasalnya penilaian penghargaan sangat objektif sehingga jauh dari kata titipan, bahkan penilaian melibatkan lembaga eksternal internasional yang ada di Indonesia.

“Yang terpilih baik penghargaan Satya Lancana maupun Penghargaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah ini, itu tidak dilakukan Kemendagri sendiri, tetapi merupakan panel gabungan unsur pemerintah terkait, termasuk sekretaris militer juga mengecek dan kemudian diikuti juga oleh pihak-pihak eksternal baik akademisi, dan lembaga internasional yang ada di Indonesia yang kredibel, yang mereka tidak bisa untuk diintervensi,” kata Tito.

Tito juga meminta, agar Kepala Daerah tetap menjalankan pemerintahan yang baik sesuai dengan aturan yang ada serta melibatkan berbagai elemen untuk menjaga keseimbangan ekonomi dalam pencegahan inflasi daerah, dengan menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan.

Atas hasil capaian ini, Walikota Metro dr. Wahdi, Sp.OG(K), MH mengucapkan syukur dan berterimakasih kepada semua pihak yang telah berkolaborasi dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

“Terimakasih kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah, kemudian kepada DPRD Kota Metro yang senantiasa mendukung, serta seluruh lapisan masyarakat Metro yang turut berperan aktif dalam terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang baik di Kota Metro ini. Penghargaan ini adalah wujud apresiasi untuk kita semuanya,” terang Wahdi, usai menerima penghargaan di Balai Kota Surabaya. (Adv).

spot_img

latest articles

explore more

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini