spot_img
4.7 C
London
spot_img
BerandaKota MetroWalikota Metro Minta OPD Maksimalkan Program Home Care

Walikota Metro Minta OPD Maksimalkan Program Home Care

Metro – Wali Kota Metro Wahdi meminta organisasi perangkat daerah (OPD) untuk dapat memaksimalkan program layanan Home Care (kunjungan kesehatan ke rumah warga) di Bumi Sai Wawai.

Hal itu ditekankan Walikota Metro Wahdi Sirajuddin usai melakukan kunjungan dan memberikan bantuan ke rumah warga di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Metro Utara, pada Minggu (22/10/2023) pagi.

Menurutnya, program layanan Home care akan berjalan dengan maksimal. Apabila satu instansi dengan instansi lainnya bekerja sama dan berkolaborasi dengan baik.

“Jadi, Program Pemerintah Kota Metro salah satunya adalah home care. Home Care itu bukan tugasnya orang kesehatan saja, akan tetapi home care itu turun bersama ada Tim Pendamping Keluarga (TPK),” ucap Wahdi kepada wartawan.

“Tim Pendamping Keluarga (TPK) bukan hanya bicara tentang stunting saja. Akan tetapi, bisa digerakkan sama saja fungsinya seperti kader posyandu, kader dimasyarakat, dan kader PKK,” sambung Wahdi.

Wahdi menjelaskan bahwa, Dasa Wisma memiliki peran yang sangat penting di masyarakat apabila difungsikan dengan baik, maka masyarakat di Kota Metro akan tertanggani dengan baik oleh Pemerintah.

“Dasa Wisma itu kalau sudah lebih aktif bergerak dengan baik, maka warga akan diperhatikan dengan baik. Dasa Wisma yang dibentuk dalam lingkup Rukun Tetangga (RT) terdiri dari 10 – 20 jarak rumah. Tugas dan fungsi Dasa Wisma yakni mendata, menggerakkan dan memberikan informasi dalam kegiatan kemasyarakatan di lingkungannya. Sehingga tidak ada lagi masyarakat kita dalam keadaan yang susah, apalagi tidak diperhatikan,” ungkap Wahdi.

Wahdi menegaskan, Apabila Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tak mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik sebagai pelayan masyarakat agar dapat mengundurkan diri saja.

“Kalau ada sesuatu yang keliru itu adalah Walikota bersama Wakil Walikota karena kedua pasangan ini dipilih dan diamanahkan oleh masyarakat. Jadi sama apabila OPD nya tidak jalan dan tidak mampu lebih baik mundur saja dengan teratur,” tegas Wahdi.

“Kalau tidak mau bekerja untuk masyarakat, untuk cari amal ibadah, sudah selesai. Masih banyak orang- orang yang mau melakukan hal itu, jadi sudah selesai semuanya di OPD, Pemerintahan, Eksekutif, Legislatif, dan Forkopimda semuanya ikut bertanggung jawab,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Walikota Metro Wahdi memberikan bantuan sosial bagi 5 warga di Kelurahan Karangrejo yang menderita disabilitas dan menjenguk lansia yang sedang sakit. (ADV)

spot_img

latest articles

explore more

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini