spot_img
22 C
London
spot_img
BerandaKota MetroPemkot Metro Kembali Menorehkan Prestasi di Tingkat Nasional

Pemkot Metro Kembali Menorehkan Prestasi di Tingkat Nasional

Metro – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro kembali menorehkan prestasi tingkat nasional dengan meraih penghargaan Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tahun 2023 atas keberhasilan penerapan sistem Merit dan indeks kualitas pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT).

Dari hasil penilaian KASN di 585 instansi pemerintah, Pemkot Metro mendapat nilai 294 atau kategori baik dalam penerapan sistem Merit dan 85,8 atau kategori baik untuk indeks kualitas pengisian JPT.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua KASN, Prof. Agus Pramusinto kepada Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin di Kraton Grand Ballroom Yogyakarta Marriot Hotel, Kamis.(7/12/2023).

Diketahui, sistem Merit merupakan salah satu sistem dalam manajemen sumberdaya manusia yang menjadikan kualifikasi, kompetensi dan kinerja sebagai pertimbangan utama dalam proses perencanaan, perekrutan, penggajian, pengembangan, promosi, disiplin dan pensiun pegawai.

Dalam sambutanya, Ketua KASN, Prof. Agus Pramusinto menjelaskan penghargaan meritokrasi merupakan apresiasi dan juga bukti atas pelaksanaan sistem Merit yang ada di instansi pemerintah baik itu kementerian, lembaga negara, pemerintah provinsi dan juga kota di Indonesia.

“Penerapan sistem Merit dalam manajemen arapatur sipil negara (ASN) akan menghasilkan SDM ASN yang berintegritas, profesional dan netral. Karena itu kita terus mendorong penerapan sistem Merit yang bagus,” jelasnya.

Menurutnya, ada delapan aspek penialaian dalam penerapan sistem Merit yakni perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karir, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan dan disiplin, perlindungan dan pelayanan dan sistem informasi.

“Dan penilaian indeks kualitas pengisian JPT ada beberapa dimensi penilaian yaitu dimensi persiapan pengisian JPT, pelaksanaan pengisian, pelaporan pengisian, inovasi manajemen pengisian dan pelanggaran sistem Merit dan pengisian JPT,” paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin mengatakan, penghargaan ini diraih berkat kerja keras dan komitmen jajaran Pemkot Metro dalam penerapan sistem Merit dan pengelolaan manajemen SDM ASN yang ada di Bumi Sai Wawai.

“Alhamdulillah dan terimakasih kepada KASN atas penghargaan ini. Tentu diraihnya penghargaan ini berkat kerja keras dan komitmen kita dalam pengelolaan manajemen ASN yang baik,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam penempatan pegawai, pihaknya lebih selalu melihat dari kompetensi dan kualitas dari ASN tersebut. Sebab, ini merupakan salah satu komitmen Pemkot Metro untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik.

Wahdi menambahkan, ke depan pihaknya akan berupaya agar penerapan sistem Merit di Kota Metro bisa lebih baik lagi dan hal ini tentu akan mewujudkan Good Governance dan juga berdampak ke pelayanan kepada masyarakat.

“Tentu penghargaan ini akan menjadi acuan kita untuk bekerja lebih baik lagi ke depannya. Untuk mewujudkan Kota Metro yang lebih baik lagi,” tandasnya.

spot_img

latest articles

explore more

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini