spot_img
22 C
London
spot_img
BerandaKota MetroAktif Bersinergi, KPU Metro Sosialisasi Pilkada 2024 Dengan Organisasi Pers Dan Media

Aktif Bersinergi, KPU Metro Sosialisasi Pilkada 2024 Dengan Organisasi Pers Dan Media

Kota Metro, (detik33) — Komisi Pemilihan Umum Kota Metro adakan kegiatan sosialisasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tahun 2024 kepada organisasi media di Bumi Sai Wawai, di Ballrom Hotel Aidia Grande kota setempat, Jum’at (05/07).

Ketua KPU Metro Nuris Septa Pratama yang diwakili Ketua divisi sosialisasi pendidikan pemilih partisipasi masyarakat dan SDM, Yunita Yunita Dewi Nurbaya menyampaikan kegiatan ini merupakan Sosialisasi terkait tahapan – tahapan yang sedang dan akan di laksanakan oleh Kota Metro.

“Mengingat agenda yang sudah semakin dekat di KPU Kota Metro ini, penting sekali meminta bantuan dari bapak ibu sekalian dalam membantu menyukseskan pemilihan kepala daerah tahun 2024,” kata dia

“Dan membantu dalam kegiatan Metro untuk meningkatkan partisipasi pemilih sebagaimana telah kita ketahui tahun 2020 partisipasi pemilik kita sebanyak 83%,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan KPU sedang menjalankan tahapan Pantarlih (petugas pemutakhiran data pemilih) sejak tanggal 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

“Data ini sangatlah penting maka bagi yang belum terdata sebagai pemilih harap dapat menyampaikan ke anggota kami yang tersebar di 22 Kelurahan sebagai petugas mendata pemilih guna di TPS nanti,” ungkapnya.

“Kemudian agenda selanjutnya akan dilakukan pengumuman untuk pendaftaran pasangan calon ya berdasarkan jadwal akan dilakukan mulai tanggal 24 sampai dengan 26 Agustus 2024 . Yang mana rencana Pilkada tahun 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 dengan jumlah TPS 234,” paparnya pula.

Kemudian di kesempatan nya Ketua Divisi Sosialiasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Lampung, Antoniyus Cahyalana, dalam kesempatan nya mengatakan media memiliki peran sangat urgent dan penting karena merupakan pilar keempat demokrasi.

“Bagaimana media itu bisa menjadi wadah dan penyaluran aspirasi kepentingan masyarakat. Dan juga berperan dalam memberikan edukasi dan pendidikan politik bagi masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu Ketua PWI Kota Metro Rino panduwinata, selaku diantara narasumber menyampaikan, terdapat sejumlah alasan yang menjadikan media massa sangat penting dalam pemilihan Pemilu maupun Pilkada.

“Media massa maupun media sosial dapat menjadi alat penganugerahan status seseorang demi kepentingan politik. Di dalam masyarakat media berfungsi sebagai peringatan dan instrumental. Serta di dalam kelompok atau organisasi penggunaan media sebagai informasi bagi kekuasaan,” ungkapnya.

“Dia juga dapat menjadi alat pengetahuan tentang perilaku yang menyimpang dan subversif, juga mengatur opini publik memonitor, mengontrol serta mengesahkan kekuatan penganugerahan status,” pungkasnya. (Am).

spot_img

latest articles

explore more

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini