spot_img
22 C
London
spot_img
BerandaKota MetroJaga Integritas, Bawaslu Metro Ajak Media Kawal Proses Pilkada 2024

Jaga Integritas, Bawaslu Metro Ajak Media Kawal Proses Pilkada 2024

Kota Metro, (detik33) — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Metro mengajak media yang merupakan salah satu bagian dari garda terdepan untuk memastikan proses pemilihan serentak Tahun 2024 berjalan dengan integritas dan transparansi yang tinggi.

Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Kota Metro Badawi Idham, saat membuka kegiatan bertema publikasi dan dokumentasi pengawasan partisipatif pada pemilihan serentak Tahun 2024 di Kota Metro, berlangsung di hotel aidia Kota setempat, Minggu (07/07).

Terlihat juga di dalam kegiatan di hadiri narasumber dari kejaksaan, Kodim, LDS (Lampung Demokrasi Studies) serta dari akademisi.

Menurut Badawi pemilu serentak ini merupakan tonggak sejarah bagi demokrasi,

“Perlu kita ingat bahwa partisipasi media massa melalui pengawasan partisipatif dalam memastikan proses ini berjalan dengan baik sangatlah penting. Selain itu media memiliki Peran sebagai pilar keempat demokrasi maka menjadi semakin penting dalam menjaga kejujuran dan akuntabilitas,” kata dia.

“Dan acara sosialisasi ini adalah wujud dari komitmen kita bersama untuk menguatkan pengawasan partisipatif dalam pemilih. Pengawasan ini bukan hanya tanggung jawab jajaran pengawas Pemilu tetapi juga tanggung jawab kita semua sebagai penjaga keadilan dan kebenaran informasi,” tegasnya.

Tidak hanya itu ia mengatakan bersama media dapat memiliki kesempatan emas untuk menyebarkan informasi yang akurat dan terpercaya kepada masyarakat informasi yang jujur dan objektif adalah pondasi utama dalam membangun kepercayaan publik terhadap proses demokrasi kita

“Saya mengajak setiap individu di ruangan ini untuk mengambil peran aktif dalam memastikan bahwa media massa tetap menjadi penjaga moralitas dan keadilan dalam menyampaikan informasi seputar pemilihan serentak,” ucapnya.

“Sehingga penyebaran hoax berita bohong ujaran kebencian ataupun politisasi sara dapat kita cegah beredar di masyarakat.
Mari kita jadikan sinergi ini sebagai momentum untuk memperkuat dan menyamakan persepsi dalam mengawal pemilihan serentak tahun 2024 di kota Metro,” ungkap Ketua Bawaslu.

Sementara itu salah satu narasumber pusi Intel Kodim kapten CZI Yatiman menyampaikan ada beberapa konsep pengawasan partisipatif.

“A, tentang hak dan kewajiban (dipilih dan memilih). B, penguatan partisipatif masyarakat . C, fungsi Bawaslu mencegah dan pengawasan, pendidikan serta pemutus sengketa proses pemilih . D, strategi pengawas partisipatif kemudian yang E , alasan kenapa masyarakat harus terlibat,” paparnya. (Am).

spot_img

latest articles

explore more

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini